Pekan Tiga : Webinar Program Keamanan Siber UMKM berjalan Seru dan ditutup dengan Game oleh Peserta

Ditulis : Roro Widya - 3 Oktober 2020

Program Keamanan Siber UMKM Webinar Pekan 3 yang dilangsungkan pada tanggal 6 Oktober 2020 kali ini mengangkat topik “Ancaman dan Kerentanan Keamanan Siber bagi UMKM” di sesi pertama. Sedangkan di sesi kedua, topik yang diusung adalah “Perlindungan Data Pribadi di Era Digital”. Topik ini disampaikan oleh Ibu Intan Rahayu S.Si, MT, LA 27001, CEH, CCISO, dan pada sesi kedua disampaikan oleh Bapak Ardi Sutedja K.

 

Ibu Intan Rahayu, merupakan Kasubdit Identifikasi Kerentanaan dan Penilaian risiko Informasi Perdagangan Secara Elektronik BSSN. Topik yang diusung dalam materi beliau adalah topik yang sedang menjadi perhatian dalam era digitalisasi saat ini. Pasalnya saat ini angka kejahatan siber menunjukkan signifikansi yang cukup tinggi. Kasus kejahatan siber banyak didominasi oleh kasus akses illegal, peretasan system elektronik, pengubahan tampilan situs, manipulasi data pencurian data, dan juga intersepsi illegal.

 

Mengapa hal ini terjadi? Secara umum, masih banyaknya pemahaman terhadap keamanan informasi yang kurang tepat. Selain itu, peraturan tanpa penegakan yang sesuai, dan juga kebijakan keamanan yang harus diterapkan oleh karyawan atau setiap pekerja yang belum diterapkan. Materi topik ini disampaikan lengkap dengan penjelasan ancaman dan kerentanan keamanan siber di berbagai platform dan media yang digunakan oleh UMKM.

 

Sesi kedua dalam Webinar ini juga tidak kalah menarik dengan topik sebelumnya. Bapak Ardi Sutedja   yang merupakan pendiri sekaligus juga ketua dari Indonesia Cyber Security Forum juga menduduki beberapa posisi strategis beberapa perusahaan. Bapak Ardi Sutedja menjelaskan bagaimana pertumbuhan teknologi internet di dunia, juga di Indonesia. Dampak yang diakibatkan oleh adanya perkembangan dunia internet ini tentunya merubah  budaya dan perilaku, merubah pola kebutuhan, merubah tata cara berkomunikasi juga menuntut para penggunanya untuk lebih cerdas.

 

Tuntutan bagi pengguna internet untuk lebih cerdas adalah erat kaitannya dengan bagaimana pengguna bisa menjaga privasi dan memberikan perlindungan data. Bagaimana menggunakan internet sebaik dan sebijak mungkin karena jejak digital yang akan terekam dan memberikan nilai juga harga sendiri bagi diri penggunanya.

Saat ini, sekalipun pengguna internet sudah sangat tinggi, tapi ternyata nilai abai dan ketidaktahuan akan dampak dan penggunaan data pribadi masih harus ditingkatkan dari diri penggunanya.

 

Webinar pekan ketiga ini menunjukkan berlangsung meriah dengan sebuah game online pertanyaan – pertanyaan singkat yang dekat dengan para peserta sehari – hari. Tidak hanya seru, game ini juga dibuat berhadiah yang telah disediakan oleh AISINDO.