Webinar Program Keamanan Siber UMKM Pekan 5 : Tidak Surut dari Antusiasme dan Semangat Peserta UMKM

Ditulis : Roro Widya, Rahadian Bisma

20 Oktober 2020, Program Keamanan Siber UMKM saat ini sudah memasuki sesi Webinar pekan 5. Dalam pekan ini, sudah tidak perlu diragukan lagi, semangat Bapak dan Ibu peserta pelaku UMKM turut menjadi semangat panitia dalam segala perbaikan setiap pekannya. Sinergi itulah yang terjalin antara Bapak dan Ibu Pelaku UMKM dengan Mentor juga panitia.

 

Jika kemarin dalam Webinar Pekan 4 sudah tahu bagaimana untuk dapat mencapai perdagangan global atau international berikut dengan tips dan trik nya. Maka dalam Webinar pekan 5 ini, materi yang akan disampaikan adalah seputar “Trade Regulation dan Global Trade and Cyber Plan”.

 

Pekan ini tetap ramai sebagaimana antusiasme ke-100 Peserta UMKM terpilih dalam program ini. Tidak surut banyak, sekalipun beberapa harus undur diri dan tidak dapat menghadiri webinar pekan 5 karena satu dan lain hal. Tetapi, antusiasme peserta masih tetap tampak dalam setiap sesinya bahkan dalam tanya jawab diakhir sesi pemateri.

 

Webinar Pekan Ke- 5 ini mengundang pemateri yang tidak kalah dari sebelumnya. Bapak Baderi, selaku Kasubdit Proteksi Informasi E-Commerce BSSN. Beliau menyampaikan dalam materinya bahwa penting bagi UMKM untuk mengenal berbagai macam isu yang identic dan erat kaitannya dengan perdagangan digital. Selain hal itu, Bapak Baderi juga memberikan gambaran roadmap perdagangan digital di Indonesia, juga mengenai kewajiban data dalam perlindungan konsumen, UMKM, lengkap dengan konsekuensi dan sanksi yang diberikan.

 

Selain dari materi yang diberikan oleh Bapak Baderi, Pak Yudo Anggoro selaku Moderator, juga sebagai mentor dalam kegiatan ini turut juga memberikan review singkat webinar pekan sebelumnya. Dilanjut dengan penyampaian informasi program, evaluasi, survey yang diisi oleh Bapak dan Ibu Pelaku UMKM. Dan diakhir sesi, ditutup dengan Quis berhadiah untuk 3 orang dengan nilai tertinggi. Tak lupa juga dilakukan foto bersama secara virtual.