27 Oktober 2020, tepat 6 pekan Program Keamanan Siber – UMKM telah dilangsungkan. Dalam bentuk Webinar 6 pekan berturut – turut secara konsisten setiap hari selasa.

Ditulis : Roro Widya, Rahadian Bisma

Tampilan yang sedikit berbeda. Webinar pekan ke-6 yang juga akhir dari program ini dibuat menampilkan keseluruhan personil program team.

 

 

Tidak hanya tampak pada poster yang dibagikan, tetapi juga masing – masing juga turut mengambil bagian didalam sesi webinar pekan 6 ini. Dibuka dengan Bapak Tony untuk memberikan overview program dan membacakan schedule berjalan dalam webinar kali ini. Materi utama diberikan oleh Prof Caroline – Kepala Program Keamanan Siber – UMKM. Dilanjutkan oleh Bapak Krisna dalam memberikan materi bertemakan Incident Response Plan yang berlangsung selama 1 jam penuh.

Sesi selanjutnya, Bapak Manahan – memandu untuk penjelasan progress poster dan video competition yang dilangsungkan didalam program ini. Selain menjelaskan terkait dengan poster dan video, Bapak Manahan juga mengajak semua peserta untuk memberikan polling pada poster dan video terfavorit peserta. Hasil akhirnya, poster terfavorite jatuh pada Ibu Natasya, dan untuk video terfavorit jatuh pada Bapak Sugeng.

 

Sesi terakhir, Pak Bisma beserta dengan Pak Yudi, Pak Kevin, Pak Yudho, meramaikan dengan sesi sharing session dengan para peserta yang terpilih untuk memberikan kesan-pesan, bagaimana progress yang didapat, dan juga harapan kedepan yang ingin dicapai.

Ditutup dengan Bahagia dan rasa haru, Pak Febi dan Bu Roro memberikan beberapa pengumuman hasil akhir, certificate, dan seluruh peserta yang akan menerima doorprize sekaligus bentuk apresiasi atas keikutsertaannya dalam program ini dari awal hingga program berakhir.

Besar harapannya, program ini kemudian memberikan manfaat, meningkatkan awareness para pelaku UMKM terhadap bahaya Siber didalam perdagangan digital Indonesia.

Program ini kemudian ditutup secara resmi oleh Bapak Eugene Sebastian melalui sepatah – dua patah kalimat yang beliau berikan. Keseluruhan peserta kemudian mengambil sesi foto bersama dengan menunjukkan senyum dan beberapa membawa produk mereka.