E-Commerce and Business Anlaysis 

Ditulis : Roro Widya - 22 September 2020

Program Keamanan Siber UMKM yang pekan lalu (22/09) dirilis perdana berformatkan Webinar, hari ini menuai keberhasilan kembali. Selasa, 29 September 2020, pekan kedua dari 6 pekan dalam program Keamanan Siber UMKM mendapati komitmen dari 100 peserta UMKM terpilih. Tanpa menyurutkan semangat dari pekan sebelumnya, pekan ini justru menunjukkan interaksi dan antusias peserta dengan keaktifan dan terpenuhinya beberapa indikator dalam program.

 

“Kami memang memberikan ruang bagi peserta untuk memberitahukan kepada kami pengetahuan mereka, juga mengenai harapan hingga evaluasi. Misalnya, diawal kami memberikan survey pre-event untuk mengetahui bagaimana pemahaman peserta. Ditengah acara, kami memberikan tugas singkat dipandu oleh pembicara agar peserta juga turut interaktif dan membedah secara praktik materi sesuai topik hari itu. Ketiga, diakhir kami memberikan survey kepuasan atau evaluasi dari program ataupun materi dari peserta”penjelasan Ibu Dina mengenai metode yang digunakan dalam pekan ini.

 

Selanjutnya, konsep ini akan dipertahankan dan tentunya ditingkatkan dengan perbaikan. Peserta diharap mampu dalam meng-upgrade kemampuannya, wawasannya, melek secara digital, juga peka terhadap isu yang ada, khususnya dalam menjaga keamanan siber usaha bisnis mereka.

 

Pekan kedua yang membawakan topik Webinar yakni E- Commerce dan Business Analysis ini diberikan oleh Ibu Dina Dellyana, selaku dosen, konsultan, dan juga pebisnis. Wanita dengan pengalaman luar biasa ini menyampaikan materi dengan pembawaan dan penguasaan terhadap audiens secara menyeluruh, hampir tidak ada cacat. Banyak peserta yang mengemukakan kekagumannya, menyampaikan ucapan terimakasih bahkan sampai ingin memiliki sesi diskusi secara intens dengan Bu Dina mengenai topik menarik ini.

 

Tidak berhenti disitu, peserta juga turut menunjukkan ungkapan mereka dengan cara memfollow akun Instagram pembicara, juga meninggalkan jejak komentar dikolom postingan akun Siber_UMKM. Salah satu diantaranya menyampaikan ucapan terimakasih, memuji penyampaian dan isi materi yang diberikan. Tidak berhenti disitu, dikolom yang sama, akun bernama esma_one2 tampak memberikan komentar dengan semangat antusiasnya. “Sudah saya block hari selasa sampai dengan 5 minggu kedepan” ucap pemilik akun esma_one2. Bagaimana tidak? Program ini memang secara intensif akan dilakukan dalam 6 pekan, sehingga tentu peserta dari berbagai UMKM di Indonesia ini sudah jelas tidak ingin ketinggalan sedikitpun.

 

Pasalnya, hal seperti itu juga dilakukan oleh peserta yang lain dalam ungkapan baik dikolom zoom maupun ketika sesi interaksi tanya jawab. “Bapak dan Ibu peserta UMKM memang begitu, antusiasnya untuk belajar itu lo, sampai saya tidak bisa menggambarkannya. Saya selaku mentor juga moderator yang bertugas dipekan ini jujur saja sangat bangga” Ungkap Bapak Wahyudi Agus, salah satu mentor yang juga merupakan dosen di Universitas Trunojoyo Madura.

 

Bapak Wahyudi selain memandu acara sebagai moderator juga memiliki andil besar sebagai mentor yang membawahi 20 orang mentee yang lain. “Bapak Wahyudi ini, salah satu mentor luar biasa lo, rasanya tanpa beliau juga, program ini akan minus. Program ini juga tidak akan berjalan dengan baik tanpa kerjasama para Bapak Ibu panitia lainnya. Saya sangat berterimakasih kepada beliau semua” Prof. Caroline menyambung dengan sangat lega setelah webinar pekan ini selesai.